PLN Pasok Listrik 20 MVA ke Proyek Tambang Emas Doup Sulut


 

Perusahaan tambang emas PT Arafura Surya Alam (ASA) mendapatkan suplai listrik dari PT PLN (Persero) sejumlah 20 Mega Volt Ampere (MVA), untuk kepentingan Tambang Emas Doup, di Dusun Kotabunan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.


General Manajer PT PLN (Persero) Unit Induk Daerah Sulawesi Utara, tengah serta Gorontalo, Bapak Leo Basuki Bremani menjelaskan, Kehadiran project tambang emas PT ASA bisa menarik perekonomian, PLN siap memberi dukungan dengan memberi kejelasan suplai listrik.


"Kecemasan akan makin lemasnya ekonomi jadi terkurangi, sebab rupanya ada bagian lain yang menggelinjang, ada bagian lain yang berkembang, diantaranya PT ASA. Karena itu kami juga dengan suka hati mempersembahkan tenaga listrik kami, diantaranya untuk PT ASA," kata Leo, di Jakarta, Senin (26/10/2020).


PT ASA yang disebut anak Usaha PT J Sumber Asia Pasifik Tbk (PSAB) sudah tanda-tangani Kesepakatan Jual Membeli Tenaga Listrik (PJBTL) dengan PT PLN (Persero).


agen taruhan bola terbaik mengenal duvan zapata Dalam kesepakatan itu, PT PLN siap jual serta mengalirkan tenaga listrik dengan Service Premium Silver biaya industri LI-3 dengan Daya 20 MVA ke ASA, di mana tenaga listrik itu akan dialirkan untuk kepentingan Tambang Emas Doup, di Dusun Kotabunan, Kecamatan Kotabunan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara.


Menurut Leo, bila PT ASA memerlukan listrik di luar keperluan project yang berada di posisi itu, untuk keperluan listrik beberapa pegawai, PLN siap layani.


Sekarang ini PLN sedang membuat jaringan transmisi dari GI Otam ke GI Tutuyan. Progressnya telah capai 20 % serta diprediksikan usai ke Juni 2021.


Sesaat Direktur ASA, Budi Santoso mengaku jika ini adalah batu pijakan penting dalam peningkatan project Doup yang diurus PT ASA.


"Ada loyalitas dan agunan ketercukupan keperluan tenaga listrik untuk project tambang emas ASA itu dari faksi yang dapat dihandalkan seperti PLN, sudah memberi serta menambahkan kepercayaan yang tinggi untuk perusahaan untuk dapat capai sasaran penuntasan konstruksi project Doup di akhir 2021," pungkas Budi.


PSAB menjalankan tambang emas Bakan yang diurus PT J Sumber Bolaang Mongondow, Tambang emas Seruyung, Kalimantan Utara yang diurus PT Sago Sempurna Pratama serta Tambang Emas Penjom di Malaysia.


Menteri Tubuh Usaha Punya Negara (BUMN) Erick Thohir memperjelas, pemerintahan lewat Kementerian BUMN lagi memiliki komitmen merealisasikan ketahanan energi nasional. Diantaranya dengan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di antara PLN serta Masdar dari UEA dengan kemampuan 145MW serta jadi paling besar di Asia Tenggara


Erick ngomong, ketahanan energi nasional, dengan ketahanan pangan serta kesehatan, akan memberikan dukungan terwujudnya target pembangunan nasional Indonesia Emas 2045.


Kebijaksanaan yang diatur untuk capai hal tersebut harus memerhatikan tersedianya, aksesbilitas, keterjangkauan, keberlanjutan serta ikut pastikan daya saing Indonesia.


"Janganlah sampai kita bikin kebijaksanaan yang memperlemah daya saing. Serta janganlah sampai kita bikin kebijaksanaan yang menghalangi alih bentuk energi nasional," tutur Erick Thohir dalam potongan video yang disiarkan di seminar-online Peningkatan Energi Baru Terbarukan, Kamis (22/10/2020).


Sekarang ini, lanjut Erick, pemerintahan pastikan alih bentuk energi itu terwujud dengan peningkatan EV (electric vehicle) baterai, menggerakkan kolaborasi di antara refinery dengan petrokimia, implikasi B30 serta penggalian kekuatan EBT yang lain.


Faksinya telah memberikan tugas ke BUMN-BUMN cluster energi serta minerba seperti MIND ID, Pertamina, PLN serta yang lain untuk selalu melakukan investasi di bidang EBT untuk hari esok energi Indonesia.


Erick mengatakan tetap akan menggerakkan terlaksananya program alih bentuk energi yang lain dalam kurun waktu dekat, dimulai dari gasifikasi batu bara sampai pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bekerja bersama dengan Uni Emirat Arab (UAE).


"Pemercepatan gasifikasi batu bara jadi dimetil hingga dapat kurangi import LPG yang saat ini sampai 6 juta metrik. Selanjutnya, pemercepatan program pembangunan listrik tenaga surya di antara PLN serta Masdar dari UEA dengan kemampuan 145MW, paling besar di Asia Tenggara," katanya.


Postingan populer dari blog ini

A tornado near Anadarko, Oklahoma, 1999. The funnel is the thin tube reaching from the cloud to the ground.

seaweed and aquatic plants were once a staple food for ancient Europeans,

certainly never foresee the surge of the roadside motel